Seri Fiqih: Wanita Haid Masih Boleh Membaca Al Qur’an

Sebagai umat muslim, seharusnya kita sadar bahwa setiap perbuatan dan perkataan kita akan dipertangungjawabkan di hadapan Allah Subhana Wa Ta’ala kelak. Oleh karena itu Setiap apa yang kita kerjakan, kita nasihatkan, bisa itu menyangkut Dien (agama) harus mempunya dasar yang kuat, yaitu Al Qu’an dan Al Hadits. Bukan asal bicara menuruti hawa nafsunya lebih-lebih hanya ikut-ikutan, atau nasihat turun temurun yang belum tentu benarnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba mengulas tentang haid. Disini lebih kami tekankan pada hukum-hukum, larangan, dan hal yang boleh dilakukan wanita ketika haid. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang kadang muncul di tengah masyarakat.

Bolehkah seorang wanita yang sedang haid masuk dan duduk di dalam masjid ?

Sebagian ulama melarang seorang wanita masuk dan duduk di dalam masjid dengan dalil:

لاَأُحِلُّ الْمَسْجِدُ ِلحَائِضٍُ وَلا َجُنُبٍ

“Aku tidak menghalalkan masjid untuk wanita yang haidh dan orang yang junub.” (Diriwayatkan oleh Abu Daud no.232, al Baihaqi II/442-443, dan lain-lain) Baca entri selengkapnya »

Minggu Tenang

Minggu tenang tu enaknya ya bawaanya bisa bikin jiwa ini tenang.

Minggu tenang tu mestinya bisa bikin nyantai dikit setelah suntuk ma kegiatan di kampus, de el el.

Itung itung bisa nonton piala dunia bareng temen-temen.

Tapi minggu tenang tu bisa jadi ga tenang klo acara minggu tenangnya tu mepet ma ujian smsteran.

Bener bener ga tenang.

Tidur ya tetep aja ampe larut malem, makan ya tetep aja 2 kali sehari,  mandi ya kadang telat. hehe….

Tiap melem ditemani buku sa’ lemari (alay) ma segelas kopi (klo ada) mo manisan mangga. Kata orang sih bukunya mahasiswa kedoteran tu dibakar seminggu ga habis. Ada-ada aja…. Tu buku lo diliatin aja ya tetep aja bakal terus jadi buku n ga bakal jadi ilmu.

Tapi ada hikmahnya juga sih, minggu tenang bisa jadiin ana lebih serius blajar buat ujian, meski kadang OLnya jalan terus. hehe..

Smoga smster ini bisa lebih baik dari smester lalu. Berharap besok bisa lulus tepat waktu, bisa sukses mnggapai mimpi….

Bismillah…..

MENYUCIKAN JIWA, MEMBERSIHKAN QALBU

Penyucian jiwa dan qalbu yang merupakan pangkal bagi lahirnya akhlak mulia, adalah unsur penting bagi berlangsungnya kekuatan serta kewibawaan suatu bangsa.[1] Dan itu merupakan salah satu tugas utama yang karenanya Allah ‘Azza wa Jalla mengutus nabiNya, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.[2] Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, di antaranya:

لَقَدْ مَنَّ اللهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولاً مِّنْ أَنفُسِهِمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَّفِي ضَلاَلٍ مُّبِينٍ . آل عمران: ١٦٤

Sesungguhnya Allah telah member karunia kepada orang-orang beriman ketika Allah mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri; yang membacakan kepada mereka ayat-ayatNya, menyucikan jiwa mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (al-Qur’an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata. (QS. Ali Imran/3 : 164)

Ayat ini menjelaskan, di antara tugas utama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah membersihkan jiwa manusia serta Baca entri selengkapnya »

Sunnahnya PUASA ASYURA 10 Muharram !! jangan sia-siakan sobat!

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puasa selain merupakan ibadah yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala juga mengandung sekian banyak manfaat yang lain. Dengan berpuasa seseorang dapat mengendalikan syahwat dan hawa nafsunya. Dan puasa juga menjadi perisai dari api neraka. Puasa juga dapat menghapus dosa-dosa dan memberi syafaat di hari kiamat. Dan puasa juga dapat membangkitkan rasa solidaritas kemanusiaan, serta manfaat lainnya yang sudah dimaklumi terkandung pada ibadah yang mulia ini.

Pada bulan Muharram ada satu hari yang dikenal dengan sebutan hari ‘Asyura. Orang-orang jahiliyah pada masa pra Islam dan bangsa Yahudi sangat memuliakan hari ini. Hal tersebut karena pada hari ini Allah Subhanahu wa Ta’ala selamatkan Nabi Musa ‘alaihissalam dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Bersyukur atas karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadanya, Nabi Musa ‘alaihissalam akhirnya berpuasa pada hari ini. Tatkala sampai berita ini kepada Nabi kita Shallallahu ‘alaihi wassalam, melalui orang-orang Yahudi yang tinggal di Madinah beliau bersabda,
فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوْسَى مِنْكُمْ
“Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi)”.
Baca entri selengkapnya »

Lupa Bawa Sapu Tangan

Hari ke-2 ana ngajari ngaji. Ba’da ashar dah  siap. Naek motor berangkat ke musallah. Seperti kemarin, disana ada Ustadz Zaky ma ustadzah Dian sedang ngajari adek-adek ngaji. Ustadz Zaky lagi ngajari yang sudah baca Al Quran, ustadzah Dian ngajari yang masih Iqro’. Seperti kemarin juga, ana dapet bagian yang Iqro’. Seneng rasanya bisa ngajari adek-adek kecil belajar baca. Hehehe… Baca entri selengkapnya »

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Mengisi Liburan Panjang

Dari Bikin Subtitle Sampai Jadi Guru Ngaji


Liburan tu ga selamanya menyenangkan. Kalau punya job gitu, ya oke-oke aja. Meski dah baca-baca buku buat persiapan kuliah nanti sampe kenyang, ya tetep aja ada nganggurnya. Sejak mulai liburan tanggal 25 April 2009 alias habis UNAS, ana dan temen-temen ngrancanain buat liburan asik, kayak rekreasi, renang bareng atau apa. Tapi setelah selesai, ya…. gtu lah. Bisa dibilang kayak anak nyantri. Baca buku, baca Qur’an, tidur, makan, sholat, bersih-bersih rumah, de el el.

Hingga beberapa hari lalu, Baca entri selengkapnya »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.